Keunikan Pasar Terapung di Tanah Banjar

 

Pasar Terapung adalah sebuah pasar tradisional yang seluruh aktifitas perdagangannya dilakukan di atas air dengan menggunakan perahu. Suasana pasar terapung yang unik dan khas adalah berdesak-desakan antara perahu besar dan kecil saling mencari pembeli dan penjual yang selalu berseliweran kesana kemari dan selalu oleng dimainkan gelombang air sungai. Kebanyakan para pedagang adalah wanita dan di dominasi oleh ibu-ibu. Menariknya, di Pasar terapung ini juga masih berlaku transaksi barter antar pedagang. Tak ada organisasi pedagang sehingga jumlah mereka yang berjualan tak terhitung. Para pedagang tersebut datang di pagi hari dan bubar dengan sendirinya disaat matahari mulai terik panas.

Pasar terapung tidak memiliki organisasi seperti pada pasar di daratan, sehingga tidak tercatat jumlah jumlah pedagang dan pengunjung atau pembagian pedagang berdasarkan barang dagangan. Pasar ini unik karena selain transaksi dilakukan di atas perahu, pedagang dan pembelinya juga tidak hanya terpaku di suatu tempat, tetapi terus bergerak mengikuti arus sungai. Keunikan ini membuat pasar terapung ini disebut sebagai Pasar Balarut

 

Pasar Terapung yang terkenal di Indonesia tersebut berada di provinsi Kalimantan Selatan. Dari beberapa Pasar Terapung di Kalimantan Selatan, beberapa diantaranya menjadi obyek wisata terkenal seperti Pasar Terapung Muara Kuin di Banjarmasin dan Pasar Terapung Lok Baintan di Sungai TabukBanjar.  Pasar terapung di Kalsel juga sempat menjadi salah satu iklan TV nasional yaitu RCTI.

 

Tertarik untuk berwisata belanja di Pasar Terapung ?
Lokasi: Kalimantan Selatan

More info:
Fanspage: Visitnesia
Instagram: @visitnesia
Email: visitnesia@gmail.com
WhatsApp: +62 821 4035 5107

www.visitnesia.com
Visitnesia “Start your amazing visit”

Artikel Selanjutnya Sewa Hiace Jogja Murah | 0821 4035 5107
Artikel Sebelumnya Sekilas Info Tahun Baru di Malioboro

LEAVE A REPLAY

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klien Kami