7 Air Terjun Indah di Kalimantan Selatan

1. Air Terjun Mambanin – Tabalong

air_terjun_mambanin_-_tabalong.jpg

     Air terjun setinggi sekitar 5 meter ini terletak di desa Marindi Kec. Haruai Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan yang  menjanjikan kesejukan, kesegaran dan udara yang sehat dengan deru air yang menyejukkan hati.  Sayangnya obyek ini masih belum terawat maksimal, dimana-mana sampah dan onggokan ranting “mengganggu” keindahan obyek tersebut.

   Jalan ke Riam Mambanin baru dibuka sekitar tahun 2007, dimana atas inisiatif masyarakat setempat bergotong royong membangun jalan kecil menuju obyek wisata ini.  Selain secara swadaya, pembangunan akses ke obyek wisata alam ini juga dibantu oleh Pemerintah Daerah. Bahkan menurut H. Rijani, Kepala Desa Marindi, untuk tahun 2009 dan 2010 total dana yang diberikan pemerintah untuk membantu membangun jalan akses ini mencapai 400 juta rupiah.

     Perjalanan ke Riam Mambanin cukup menjanjikan sesuatu yang berbeda, sepanjang jalan kita akan menikmati dengan udara segar yang dihembuskan dari kebun karet yang juga menjadi sumber ekonomi masyarakat Marindi.  Aktifitas menyadap dan mengangkut karet merupakan obyek yang cukup unik untuk diamati, khususnya untuk mereka yang belum pernah menjalaninya.  Selain kebun karet, di sepanjang perjalanan kita akan menjumpai anak-anak sungai berair tenang lagi jernih, pohon-pohon bambu, ladang dan kebun buah-buahan khas Tabalong. 

 

2. Air Terjun Lano – Tabalong

air_terjun_lano_-_tabalong.jpg

     Air terjun kedua adalah Obyek Wisata Air Terjun Lano. Air Terjun Lano berlokasi di kawasan hutan di Desa Lano, Kecamatan Jaro, Kab. Tabalong dengan jarak sekitar +2,5 Km dari jalan penghubung Kalimantan Timur – Kalimantan Selatan. Topografi dari lokasi ini adalah tanah berbukit dan bergunung-gunung dengan pemandangan sekitar berupa hutan perawan yang menarik. Lokasi wisata ini dapat ditempuh sekitar +70 Km dari kota pusat kota (2 jam) dari pusat kota. Ketinggian air terjun ini sekitar 15 meter. 

 

3. Air Terjun Haratai – Kandangan

air_terjun_haratai_-_kandangan.jpg   

    Sesuai dengan namanya, air terjun ini terletak di Desa Haratai, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Kandangan sebagai ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan terletak sekitar 120 Km dari Kota Banjarmasin. Loksado adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang mempunyai pesona alam pegunungan yang masih asri.

     Desa Haratai  terletak sekitar 60 Km dari Kota Kandangan, kamu dapat memilih angkot jurusan Kandangan-Loksado dengan ongkos sekitar Rp. 10.000 – Rp. 15.000. Untuk menuju Desa Haratai dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 3 jam sembari menikmati suguhan alam nan eksotik yang terletak di pegunungan Meratus. Namun untuk kamu yang tak kuat menempuh perjalanan sejauh itu, masyarakat sekitar menyediakan jasa ojek dengan ongkos Rp. 25.000 – Rp. 30.000.

4. Air Terjun Riam Hanai – Kandangan

air_terjun_riam_hanai_-_kandangan.jpg  

Wisata air terjun Riam Hanai di kawasan balai adat Malaris Desa Lok Lahung Kecamatan Loksado merupakan air terjun yang sangat deras dengan ketinggian 4 meter.

 

5. Air Terjun Balangdaras – Tanah Laut 

Air-terjun-balangdaras_-_tanah_laut.jpg  

    Air terjun Balangdaras adalah sebuah air terjun yang berada di ketinggian ± 45 meter dan terletak 25 km dari Kota PelaihariTanah LautKalsel, tepatnya di Desa Tanjung, Pelaihari, Tanah LautAir terjun Balangdaras yang berada di kawasan Pegunungan Meratus ini memiliki panorama pegunungan yang indah dan eksotik.

6. Air Terjun Tumaung – Barabai

air_terjun_tumaung_-_barabai.jpg

    Biasanya air terjun alami paling sering dijumpai di daerah pegunungan berbatu. Di Indonesia, potensi air terjun sangat banyak ditemukan, termasuk di kabupaten Hulu Sungai Tengah. Air Terjun Tumaung sangat cocok untuk kamu yang berjiwa adventure. Lokasinya berada diperbatasan antara kecamatan Hantakan dan Batang Alai Timur. Letaknya memang agak jauh dari Ibukota Kabupaten HST. Ketinggian air terjun ini mencapai 20 meter dan dibawahnya membentuk sebuah genangan sebelum mengalir ke sungai. Untuk mencapai air terjun Tumaung dari Hinas Kiri, masih bisa menggunakan kendaraan roda empat sejauh lebih kurang 3 KM di atas jalan, dan selebihnya harus ditempuh dengan berjalan kaki menelusuri jalan setapak. 

 

7. Air Terjun Tumpang Dua – Kotabaru 

 Air Terjun Tumpang Dua terletak di desa Sebelimbingan, Kecamatan Pulau Laut Utara. Dari Kotabaru ditempuh dengan jarak kurang lebih 12 Km. Disebut Tumpang Dua karena memiliki 2 aliran. Selain air terjun, disediakan juga bagi pengunjung kolam renang dimana sumber airnya berasal dari air terjun tersebut. Jika ingin melepas kepenatan, pengunjung dapat duduk dibawah rimbunan pohon sambil menikmati hawa pegunungan. Tentunya sangat cocok untuk melepas penat bukan?

Tertarik berwisata ke Kalimantan Selatan bersama Visitnesia?

More info:
Fanspage: Visitnesia
Instagram: @visitnesia
Email: visitnesia@gmail.com
WhatsApp: +62 821 4035 5107
BBM: D596642F

www.visitnesia.com
Visitnesia “Start your amazing visit”

Artikel Selanjutnya Keindahan Air Terjun Sri Gethuk Ini Bikin Kamu Pengen Ke Jogja
Artikel Sebelumnya Berlibur ala Film Twilight di Hutan Pinus Mangunan

LEAVE A REPLAY

Your email address will not be published. Required fields are marked *