Aneka Kuliner Tradisional yang masih Hits di Ibu Kota Jakarta, Rekomend banget untuk Oleh-oleh

Kerak Telur
Foto by: kota.tokopedia.com
Berisi beras ketan putih, telur ayam dan ebi disangrai kering, lalu ditambah bawang goreng dan diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangra, cabe merah, kencur, jahe, merica garam dan gula pasir. Dimasak dengan mengunakan tungku arang selama sekitar 10 menit. Pedagangnya banyak dijumpai saat Pekan Raya Jakarta.

 

 

Soto Betawi
Foto by : reseptante.com
Kuah pada soto ini dicampur dengan santan, Minyak sayur dan kaldu daging sapi. Isinya sendiri berupa irisan daging sapi paru dan jeroan yang sudah direbus bersama lengkuas, serai, daun salam dan garam. Soto Betawi biasanya disajikan dengan emping melinjo, sambal serta jeruk nipis agar rasanya lebih segar.

 

 

Nasi Uduk Kebon Kacang
Foto by blogspot.co.id
Di Kawasan Kebon Kacang terdapat beberapa warung nasi uduk, termasu Kedai Nasi Uduk dan Ayam goreng Zainal Fanani. Nasi uduk disajikan dalam bungkus daun pisang yang terbuka di bagian atasnya untuk ditaburi bawang goreng, seta disantap dengan berbagai pilihan lauk, seperti daging ayam, ati ampela, sate udang, sate usus, empal, tahu, tempe dan petai.

 

 

Bir Pletok
Foto by : khasjakarta.co.id
Terbuat dari ramuan jahe dan rempah lainya yang dicampurkan dengan gula, sari bunga, selasih dan akar-akaran, minuman ini berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah, selain juga dikonsumsi pada malam hari untuk menghangatkan badan.

 

 

Roti Buaya
Foto by : blogspot.co.id
Bentuk buaya dipilih karena hewan ini sangat setia dengan pasanganya, sementara roti ini melambangkan kemakmuran ekonomi, sehingga dipercaya roti ini tak hanya membawa keberuntungan dan masa depan yang lebih baik, namun juga agar pasangan ini bisa setia satu sama lain sepanjang hidupnya hidupnya.

 

 

Kue Apel
Foto by : 108jakarta.com
Berbahan dasar tepung terigu, tepung beras, santan, selain itu juga daun suji untuk memberi warna, tekstur luarnya renyah, sementara bagian tengah tebal dan lembut. Kue ini mudah sitemui di Jakarta, terutama di pasar tradisional dan di depan sekolah dengan variasi warna dan taburan diatasnya ( keju dan meiseis ).

 

 

Dodol Betawi
foto by : indonesia.com
Dibuat untuk perayaan khusus untuk pesta atau saat hari raya islam, dodol Betawi biasanya berwarna hitam kecoklatan dengan pilihan rasa ketan putih, ketan hitam, dan durian. Proses pembuatanya sangat rumit, yang bahan baku nya terbuat dari ketan, gula merah, gula pasir, dan santan harus dimasak diatas tungku selama delapan jam, sehingga hanya sedikit yang ahli membuatnya.

Artikel Selanjutnya Pusat Perbelanjaan Terbaik Di Ibu Kota Jakarta
Artikel Sebelumnya Destinasi Wisata di Bogor Tak Hanya Kebun Raya Bogor

LEAVE A REPLAY

Your email address will not be published. Required fields are marked *