Destinasi Wisata Populer di Magelang, Kota Sejuta Bunga

Terlepas dari bayang-bayang kota Yogyakarta, Magelang membenahi potensi wisatanya dan tergerak untuk membuktikan bahwa kotanya pun tak kalah menarik untuk di jelajahi setelah atau sebelum menjejakan kaki di Borobudur. Kota Magelang juga dijuluki sebagai Kota Sejuta Bunga.

 

Candi Borobudur

Foto: wall.alphacoders.com

Terkubur selama berabad-abad dibawah lapisan tanah dan debu vulkanik dan kemudan ditumbuhi pohon dan semak belugkar sehingga Borobudur kala itu benar-benar mempunyai bukit sebelum akhirnya ditemukan 1814 oleh Sri Thomas Stamford Raffles, situs warisan dunia UNESCO ini telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan dan pemugaran. Terdiri dari enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatanya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief  dan hasilnya terdapat 504 arca Buddha. Stupa utama terbesar terletak ditengah sekaligus memahkotai bangunan ini, serta dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 setupa berlubang yang didalamnya terdapat arca Buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra ( sikap tangan ) Dharmachakra mudra ( memutar roda dharma ). Setiap Waisak, upacara peringatan dipusatkan di tiga candi Budha utama dengan ritual berjalan kaki dari Candi Mendut menuju Candi Pawon dan posisi berakhir Di Candi Borobudur.

 

 

Rumah Kamera

Foto: pegipegi.com

 

Bangunan ini didirikan oleh seorang seniman lokal bernama Tanggo Angien Jatikusumo untuk memajang hasil karyanya. Berlokasi di Desa Majaksingim, Rumah Kamera yang mendapat penghargaan dari MURI sebagai rumah kamera terbesar di Indonesia ini dibuat sebagai luapan emosi karena pemiliknya pernah kesulitan ketika ingin memiliki sebuah kamera DSLR.

 

 

Punthuk Setumbu

Foto: jogjarentcar.com

 

Memiliki puncak berupa perantaraan yang memanjang 200 meter, Punthuk Setumbu menawarkan panorama matahari terbit yang mengesankan. Untuk menikmatinya, disarankan datang pukul 05.00. Di puncaknya juga ada beberapa saung sebagai tempat melepas lelah. Untuk masuk kelokasi ini, setiap pengujung dipungut retribusi Rp 15.000. Dari kawasan Borobudur, waktu yang  dibutuhkan untuk mencapai puncaknya adalah sekitar 30 menit berkendaraan.

 

 

Ketep Pass

Foto: piknikasik.com

Berada ditengah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, Tepanya di Puncak Bukit Sawangan dengan Ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, Ketep Pass tak hanya menyuguhkan panorama cantik dari gardu pandang, namun juga memiliki Ketep Vulcano Theater yang memutar filem dekumenter mengenai aktivitas gunung merapi, Ketep Vulcano Center yang berisi beberapa dokumen tentang gunung api, serta Pelandaraan Panca Arga yang merupakan puncak tertinggi sehingga dapat melihat lima gunung sekaligus ( Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Sumbing dan slamet ).

 

 

Sungai Progo Atas

Foto: extremosur.com

 

Cocok untuk Rafting, tingkat kesulitan jeram di Sungai Progo Atas adalah II dan III, jadi tidak seganas Progo Bawah namun tetap saja masih seru. Perjalanan menelusuri sungai Progo Atas dilakukan dengan rute sepanjang 9 kilometer dan membutuhkan waktu selama 2 jam. Jangan Khawatir bila tidak pandai berenang, sebab selain ada pemandu yang turut serta , setiap orang juga akan dibekali jaket pelampung dan helm. biaya berkisar antara Rp 150.000 hinggaRp 350.000 perorang dengan peserta minimal 5 orang.

 

 

Gunung Andong

Foto: bintang.com

 

Hanya memiliki ketinggian maksiamal 1.726 meter diatas permukaan laut, gunung ini cocok didaki oleh pendaki pemula dengan durasi tak lebih dari tiga jam. Namun trek pendaki Gunung Andong cukup sulit dan melelahkan, sehingga tetap persiapkan perlengkapan serta fisik yang cukup saat ingin mendakinya. Sesampai dipuncak lelah akan terganti dengan rasa takjub akan keindahan alam yang masih asri. Base camp pendaki Gunung Andong terdapat di Kecamatan Ngablak dan yang paling umun digunakan adalah Base camp Sawit.

 

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya Obyek Wisata di Semarang Tak Hanya Lawang Sewu
Artikel Sebelumnya Kuliner Yogyakarta Yang selalu bikin Kangen dan ingin mencoba lagi

LEAVE A REPLAY

Your email address will not be published. Required fields are marked *