Jember Pintu Gerbang Untuk menikmati Pertualangan Alam di Jawa Timur

Tak hanya dikenal konsisten me nyelengarakan Jember Fashion Carnaval, Jember juga merupakan pintu gerbang untuk menikmati pertualang alam Jawa Timur.

 

Tanjung Papuma

Foto by : sahabatmancing.com

Terletak di Selatan Jember, tepatnya di Desa Sumberejo, pantai yang dikelilingi hutan lindung ini masih jarang pengunjung sehingga kebersihannya masih terjaga. Merupakan pantai yang fotogenik karena terdapat karang dramatis yang menjulang di perairan, disini juga terdapat warung makan yang menjual ikan bakat dan kelapa muda. Pantainya sendiri kurang aman untuk direnang karena ombaknya besar dan keberadaan karang tajam disekitar perairanya.

 

Gunung Argopuro

Foto by : blogspot.co.id

Meski namanya tak sepopuler Bromo, Ijen, maupun Semeru, salah satu genung tertinggi dipulau jawa ini ( 3.088 meter diatas permukaan laut ) merupakan daratan tinggi yang kaya sejarah. Dimasa kerajaan Majapahit di abad ke 12, tempat ini merupakan kompleks pura  yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitar. Argopuro dapat didaki dari Baderan di timur , dari Besuki Kearah Bremi di barat, maupun dari probolinggo. Medan pendaki berganti-ganti antara daerah petanian, hutan campuran, hutan pinus dan padang rumput luas, yang merupakan pemandangan yang berbeda dari pendakian gunung-gunung lain di Pulau Jawa.

 

Air Terjun Tancak

Dapat dicapai dengan berkendaraan selama 30 menit dari pusat kota Jember, ini lah air terjun tertinggi di kabupaten ini yaitu mencapai 82 meter dan curah air 150 meter kubik permenit. Dari parkiran pengunjung harus bejalan sekitar dua hingga tiga jam sepanjang empat kilometer dengan medan yang curam untuk menuju air terjun. Disarankan untuk berkunjung kesiani pada saat musim kemarau. Bonus berkunjung ke air terjun ini adalah dapat menikmati argowisata di Gunung Pasang yang didominasi perkebunan kopi.

 

 

Informasi

Sejak 2003, bertepatan dengan Ulang Tahun Kota Jember, diadakan Jember Fashion Carnaval ( JFC ) untuk pertama kalinya. Kini acara tahunan ini telah menjadi agenda rutin yang berhasil menarik turis mancanegara untuk berdatangan ke Jember. Di JFC, peserta carnaval dengan kostum-kostum menawan melintas di Catwalk terpanjang di dunia, yaitu jalan raya sepanjang 3,6 Kilometer. Untuk menontonya tidak dipungut biaya, namun bila ingin memotret dengan nyaman dapat membli tiket VIP , dimana disediakan area kusus dengan posisi terbaik tanpa harus berdesak-desakan di keramaian

Artikel Selanjutnya Kawasan Nongkrong Kota Jakarta Yang ramai dikunjungi dan Rekomen untuk kalian yang penasaran dengan kemewahan ibu kota
Artikel Sebelumnya Jika Berkunjung ke Batu, Jangan Lewatkan 6 Obyek Wisata Ini

LEAVE A REPLAY

Your email address will not be published. Required fields are marked *