Sejuta Wisata Alam Yang Ada Di Kulon Progo Sayang Untuk Dilewatkan

Dikeliling perbukitan yang masih alami, sehingga menjadikanya tempat paling tepat untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian, Kulon progo adalah satu-satunya tempat disekitar Yogyakarta memiliki waduk sehingga persediaan air selalu melimpah dan wisata alam nya yang banyak.

 

Puncak Suroloyo

Foto by : blogspot.co.id

Berada di Desa Gerbosari, mecampai puncak ini membutuhkan sedikit perjuangan dengan menaik 268 anak tangga menuju puncaknya. Saat terbaik kesini adalah pagi hari, tepatnya ketika matahari mulai terbit dan kawasan di sekitarnya masih tutup kabut. Terdapat tiga pendopo di Puncak Suroloyo, yaitu pertapaan Suroloyo yang berada dipaling bawah, dimana disini dapat melihat Candi Borobudur. Pendopo kedua adalah pertapaan Sariloyo yang menyajikan pemandangan Gunung Sumbing dan Sindoro. Untuk pendopo ketiga, mesti naik tangga sekitar 200 meter lagi menuju petapaan Kaendran. Dari seini akan terlihat pantai Gelagah di Kulon Progo. Puncak Suroloyo sendiri merupakan titik temu antara Gunung Merapi, Sindoro, Sumbing, dan Merbabu, sehingga dianggap mistis dan sering digunakan untuk betapa.

 

 

Desa Wisata Kalibiru

Foto by : berdesa.com

Berada pada ketinggian 450 meter, desa ini menyajikan pemandangan Waduk Sermo, dan bila cuaca sedang cerah, Pantai Gelagah juga dapat terlihat dari sini. Cara terbaik untuk menikmati keindahan alam di sini adalah dengan duduk di dek yang disediakan ( harus dalam pengawasan petugas ) dengan jatah waktu maksimal 15 menit. Bila tujuan utama kesini untuk menikmati sunset, disarankan untuk menginap agar tidak terburu-buru kembali ke kota, berhubung di desa wisata ini juga telah tersedia akomodasi sederhana seharga mulai Rp 120.000 per malam.

 

 

Waduk Sermo

Foto by : travelerindonesia.net

Berada ditengah-tengah perbukitan Menoreh dan membendung Sungai Ngrancah, lahan seluas 157 hektar bekas perkampungan ini telah disulap menjadi telaga. Terdapat dua cara untuk menikmati Waduk Sermo, yaitu menyewa perahu motor untuk menyusuri setiap lekukan yang dibingkai hutan, atau duduk bersantai ditepinya sembari menanti senja. Pengunjung dilarang berenang, namun bebas memancing ikan nila, tawes dan tombro di sejumlah tempat.

 

 

PantaiĀ  Gelagah

Foto by : menarajogjatransport.ne

Pantai terpopuler di Kulon Progo ini memiliki ombak besar, sehingga disepanjang pantainya dibentangi pemecah ombak. Lokasinya sekita 40 kilometer ke arah barat dari Yogyakarta atau dua kilometer dari jalan utama lintas selatan. Pengunjung memang tak dapat berenang di pantai, namun sebagai gantinya, disini terdapat laguna cukup luas yang berair tenang bagi yang bermain air dengan aman atau menyewa kano dan bebek dayung untuk menyusurinya. Bisa juga mengendarai ATV untuk berkeliling pantai sembarai menanti matahari terbenam.

Artikel Selanjutnya Wisata Kuliner di Bantul yang sangat populer dikalangan masyarakat
Artikel Sebelumnya Kawasan Nongkrong Kota Jakarta Yang ramai dikunjungi dan Rekomen untuk kalian yang penasaran dengan kemewahan ibu kota

LEAVE A REPLAY

Your email address will not be published. Required fields are marked *