Macam-macam Atraksi Wisata Pulau-pulau indah di Kepulauan Seribu

Walaupun dinamakan demikian, gugusan pulau yang terletak di sebelah Uatara Jakarta ini hanya berjumlah sekitar 342. Dikawasan ini juga terdapat Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu dengan zona Konservasi untuk burung, penyu hingga hiu.

 

Pulau Tidung

Foto by : exploreseribu.com

Terdiri dua pulauyang di hubungkan oleh sebuah jembatan sepanjang 800 meter, Pulau Tidung kecil merupakan kawasan hutan bakau yang bisa di telusuri dengan naik sepeda, sementara Pulau Tidung Besar memiliki banyak penginapan yang menawarkan paket wisata keliling pulau, dan biasanya tarif yang diberikan sudah termasuk akomodasi, makan, sewa sepeda, snorkeling dan transportasi kemuara angket ( sekitar tiga jam sekali jalan ). Aktivitas lain yang bisa dilakukan seperti banana boat dan jet ski.

 

 

Pulau Bira

Foto by : eljohnnews.com

Masih terletak di dalam kawasan Pulau Harapan, disini terdapat fasilitas olahraga air, seperti banana boat dan jet ski selain itu juga bisa snorkeling di perairannya, walaupun tetap waspada agar tidak menginjak bulu babi yang banyak berkeliaran di sekitar pulau ini.

 

Pulau Harapan

Foto by : primaradio.co.id

Pulau ini biasanya hanya menjadi pulau singgah untuk makn siang dan menginap, sedangkan titik snorkeling berada diperairan pulau-pulau sekitar seperti Pulau Kayu Angin Genteng dan Pulau Macan. Aktivitas wisata di Pulau Harapan mulai mengeliat sejak 2012, setahun setelah pulau ini di dialiri listrik selam 24 jam nonstop melalui kabel listrik.

 

 

Pulau Pari

Foto by : paketpulautidung.com

Pulau yang awalnya tak berpenghuni ini kini menjadi salah satu primadona wisata di Kepulauan Seribu dengan keindahan Pantai Pasir Perawan, Di sini pengunjung bisa menikmati sunset, snorkeling, bersepeda bermain voli, atau sekedar menikmati kesegaran es kelapa muda sembari bersantai. Pulau ini juga menjadi sentra budidaya rumput laut yang menopang kehidupan warga, serta tempat penelitian biota laut oleh Pusat Penelitian Kelautan LIPI.

 

 

Pulau Kelor

Foto by : jejakpiknik.com

Dianamai Kelor atau Kherkof berarti halaman gereja atau kuburan, daya tarik utama pulau ini adalah Benteng Martello yang dibangaun VOC pada abad 17. Terbuat dari batu bata berbentuk lingkaran yang bertujuan agar persenjataan seperti meriam dapat bergerak 360 derajat, benteng ini di dirikan untuk meredam serangan musuh yang ingin menyerang Batavia. Karena ukurannya terus menyusut akibat abrasi dan kenaikan air laut, di perkirakan pulau ini akan tengelam dalam kurun waktu kurang dari 50 tahun.

 

 

Pulau Onrust

Foto by : tirto.id

Berada tidak jauh dari Pulau Kelor, pulau yang pernah disinggahi James Cook pada 1770 ini terkenal sebagai tempat persinggahan calon jemaah yang hendak menunaikan ibadah haji, walupun kini yang tersisa hanyalah reruntuhanya. Selain itu, Onrust juga diyakini sebagai tempat penyimpanan harta karun peningalan Belanda, meski hingga kini tak pernah ditemukan kebenaranya.

 

 

Pulau Cipir

Foto by : backpackerjakarta.com

Disebut juga pulau kahyangan atau Pulau Kuipir, di pulau yang dipenuhi pepohonan rimbun ini terdapat puing-puing jembatan yang dulu menghubungkannya dengan Pulau Onrust. Pulau Cipir awalnya berfungsi sebagai tempat penamungan penderita lepra yang harus diisolasi agar tidak menularkan penyakit ke warga Batavia. Sisa-sisa bangunan rumah sakit masih ada, lengkap dengan plang bertuliskan Rumah Dokter, Rumah Karantina Haji, dan Rumah Sakit.

 

 

Pulau Rambut

Foto by : sciencefreak.blogspot.co.id

Dikenal sebagai Pulau Surga Burung karena disini terdapat sekitar 24.000 spesies burung pada musim kawin, oulau ini bisa dicapai dengan naik kapal dari Muara Angket ataupun Tanjung Pasir dengan waktu tempuh sekitar 50 menit. Selain itu mesti meliliki SIMAKSI ( Suarat Izin Masuk Kawasan Konservasi ) dari Balai Koservasi  Sumber Daya Alam Jakarta yang berkantor di Jalan Salemba Raya nomor 9.

 

 

Pulau Bidadari

Foto by : zonasatu.co.id/

Memiliki cottage darat dan terapung yang berada di antara pepohonan dan deburan ombak tepi pantai, perjalanan menuju resor dipulau ini hanya sekitar 30 menit dari Dermaga Marina Taman Impian Jaya Ancol dengan naik kapal cepat milik pengelola pulau. tersedia juga paket tur sehari yang sudah termasuk transportasi, makan siang, fasilitas olahraga air, berkunjung ke tiga pulau terdekat ( Pulau Kahyangan, Ournst dan Kelor ), sewa sepeda, dan tiket Fantasic Eco-park Parade di Taman Impian Jaya Ancol dengan harga mulai Rp 390.000.

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya Jika Berkunjung ke Batu, Jangan Lewatkan 6 Obyek Wisata Ini
Artikel Sebelumnya Kuliner terkenal yang ada di Gunungkidul, penasaran mencoba?

LEAVE A REPLAY

Your email address will not be published. Required fields are marked *