Berwisata budaya dan sejarah di Bandung Kota

Bandung Kota kreatif ini tak pernah kekurangan ide untuk meng hadirkan sesuatu yang unik dan baru, mulai dari kreasi kuliner, taman kota yang tema-tema menarik, hinga tempat hangout yang kian hari makin menjamur disetiap sudutnya.

 

Mesjid Raya Bandung

Foto by : islami.co

Hal yang menonjol dari mesjid yang buka untuk umum  setiap sabtu dan minggu ini adalah menara kembar setinggi 81 meter di kedua sisinya. Menara ini rencananya dibangun setinggi 99 meter namun kemudian dibatak karena terkait dengan keselamatan penerbangan dari/ke bandara Husein Sastranegara. Tak jauh dari mesjid ini, masih di ruas jalan yang sama, berdiri megah gedung merdeka, Hotel Preanger, dan Hotel Savoy Hormann yang menjadi saksi sejarah Konferensi Asia-Afrika 1955.

 

 

Museum Konferensi Asia Afrika

Foto by: tourbandung.com

Museum terbaik di Bndung ini dibangun untuk mengenang Konferensi Asia Afrika 1955 dan memberikan gambaran kepada pengunjungnya mengenai peristiwa bersejarah tersebut. Selain memamerkan benda-benda tiga dimensi dan foto-foto dokumenter yang melatarbelakangi Konferensi Asia Afrika dan dampak nya bagi dunia internasional, disini juga terdapat perpustakaan yang mengoleksi buku sejara, politik, sosial dan budaya negara-negara Asia-Afrika, dokumen mengenai Konferensi Asia Afrika, Konferensi-konferensi pendahulu, majalah, surat kabar, serta Braille Corner untuk tunanetra.

 

Gedung Sate

Foto by : jabarprov.go.id

Disebut Gouvernements Bedrijven pada masa Hindia Belanda dengan ornamen tusuk sate pada menara sentralnya, gedung ini dibangun dengan memadukan beberapa aliran arsitektur kedalam rancangannya. Enam ornamen pada “tusuk sate” di atas gedung ini konon melambangkan modal awal pembangunan pusat pemerintahan ini, yaitu sebesar enam juta gluden. Setiap minggu, halaman Gedung Sate dijadikan pilihan untuk duduk-duduk santai menikmati udara segar dan olahraga ringan.

 

Trans Studio Bandung

Foto bya : nirwanaholiday.com

Terdiri dari dua lantai dengan 20 permainan seru yang terdiri dari tiga zona, pengunjung yang telah kesini telah menobatkan Yamaha Racing Coaster alias Roller coaster yang dapat ber manuve mundur dengan kecepatan hingga 130 kilometer per jam sebagai wahan favorit. Kelebihan tempat ini dibandingkan theme park serupa adalah pertunjukan rutin sekelas Brodway disebuah gedung pertunjukan bersetandar internasional.

 

 

Jalan Braga

Foto by : sebandung.com

Sepanjang jalan ini terdapat bangunan yang masih mempertahan kan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda, yang telah beralih fungsi menjadi kafe dan restoran. Selain itu, gedung Landmark di ujung jalan Braga sering digunakan untuk festival Braga yang biasanya digelar desember dengan menampilkan berbagai karya seni, pemutaran film, produk industri kreatif, busana dan kuliner serta pegelaran seni dari berbagai komunitas yang ada di Bandung.

 

 

 

Saung Angklung Udjo

Foto by : singgahi.com

Jauh sebelum UNESCO menetapkan angklung sebagai warisan budaya dunia, Saung Angklung Udjo telah lebih dulu menyebarkan keindahan harmoni dari alat musik bambu ini. Didirikan 1996 untuk melestarikan kesenian Sunda, disini juga dapat menyaksikan konser angklung interaktif setiap hari pukul 15.30 hingga 17.00 di Bale Karesemen. Tersedia toko sovenir untuk membeli angklung maupun kerajian yang terbuat dari bambu, selain itu juga bisa menyaksikan cara pembuatan angklung.

 

 

Tebing Keraton

Foto by : indonesia.tripcanvas.co

Berada di Desa Ciburial, dari tebing tinggi yang berada di pesisi  di sisi Taman Hutan RAya Juanda ini terhampar pemandangan hutan dan bukti yang menakjubkan. Saat terbaik adalah sebelum Pukul 07.00 untuk melihat kabut menutupi lembah dan menyusup di sela-sela pepohonan. Ketika matahari semakin tinggi, sinarnya akan menembus kabut dengan dramatis. Berhati-hati jika ingin berfoto di batu-batu yang berada di ujung tebing.

 

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya Jika Berwisata Kuliner ke Jawa Timur, Jangan Lewatkan 9 Kuliner ini!
Artikel Sebelumnya Restoran ngehits dan terbaik di kota Bandung

LEAVE A REPLAY

Your email address will not be published. Required fields are marked *