Macam-macam tempat wisata di Bandung yang sedang Ngehits untuk para pemburu foto

Bandung Utara, berada didaratan tertinggi kawasan ini depat menjadi alternatif berakhir pekan yang tak kalah menyenangkan., terutama bila membawa keluarga. Lembang dan sekitarnya adalah untuk mengenalkan buah hati akan serunya bermain di alam. Jarak ke Lembang dari Bandung sendiri hanya sekitar 15 kilometer saja, sehingga dapat menjadi pilihan bila ingin tetap menginap di bandung yang berfasilitas lengkap. Bila memutuskan ke Utara Bandung kunjungilah tempat-tempat berikut.

 

Maribaya

Foto by : trip.web.id

Tersedia sejumlah kolam air panas yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit karena kandungan belerangnya, di sini juga terdapat air terjun yang indah. Dengan membayar tiket sebesar Rp 8000/orang, untuk menikmati pemandian di kolam air panas Mariabaya di pungut biaya tambahan sekitar Rp 5.500 ( Dewasa ) Rp @.500 ( anak-anak).

 

Gunung Tangkuban Perahu

Foto by : www.tripadvisor.com

Tak perlu mendaki karena objek wisata ini dapat dinikmati dengan berjalan santai mengitari Kawah Lanang, Kawah Jurig, Kawah Domas dan Kawah Ratu. Setinggi 2.084 meter diatas permukaan laut, kawasan ini sering tertutup kabut tebal, sehingga saat terbaik mengunjunginya adalah pagi hari. Beberapa kawah masih mengeluarkan air panas alami yang bisa digunakan untuk merbus telur saking panasnya. Berhati-hatilah dengan penjualan suvenir yang kadan menawarkan jasa untuk memandu keliling kawah maupun menawarkan dagangan. Bila tidak tertarik dengan barang yang di tawarkan, tolak lah dengan sopan sehingga tidak membiarakn merka ikut berjalan hingga ke kawah.

 

Dusun Bambu Family Leisure Park

Foto by : productivemamas.com

Ekowanawisata pertama di Jawa Barat yang baru dibuka ini memiliki akomodasi ( Kampung Layung dengan vila satu dan dua kamar, beberapa restoran ( cafe Burangrang, Lutung Kasarung, dan Restorn Sunda Purbasari ) dan Camping Ground dengan fasilitas kemah yang premium. Selain itu juga terdapat pasar Khatulistiwa yang menjual berbagai bahan makanan yang segar dan panganan khas Sunda. Dilengkapi taman bunga dan sawah, semua fasilitas disini dirancang agar pengunjung mendapat pengalaman yang menarik.

 

 

 

De’Ranch

Foto by : hoodiedance.id

Wahana bermain keluarga yang tak jauh dari pasar Lembang ini menawarkan banyaka aktivitas seru di alam bebas, mulai dari menunggang kuda lengkap dengan penyewaan kotum bila ingin bergaya seperti cowboy atau suku indian, memancing, belajar memanah, Trampolin, bersepeda, Flying Fox, dan belajar memerah susu sapi. Dengan tiket sehargga Rp 8.000 yang dapat di tukar dengan segelas susu atau yoghurt, orang tua yang menunggu anak-anak bermain dapat mengudap berbagai makanan yang dijual, seperti tempe mendian, tahu pletok, jagung bakar sosis goreng, selain juga dapat melewatkan waktu dengan belanja di toko  suvenir dan pasar taman yang ada di sini.

 

 

Observatorium Bosscha

Foto by : pergidulu.com

Merupakan Observatorium yang tertua di Indonesia yang dibangun pada 1923 hingga kini Bosscha masih menyandang predikat sebagai Observatorium terbesar di Asia Tenggara. Sebagai stu-satunya tempat pengamatan binatang di Indonesia sebenarnya Bosscha adalah tempat penelitian fakultas  Matimatiaka dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung ( ITB ) dan pengembangan ilmu astronomi  di Indonesia. Walau secara resmi bukan objek wisata tempat ini buka untuk umum dan dengan dua sesi kunjungan, yaitu pukul 09.00-12.00 ( atau pukul 13.00 setiap jumat) dan Pukul 17.00-20.00. Untuk berkunjung harus melakukan reservasi stu hari sebelumnya ke petugas di Institut Teknologi Bandung (022)2786001. Gedung unik yang dibangaun Belanda ini juga pernah digunakan sebagai lokasi Syuting film Pertualangan Sherina dan sejak 2004 ditetapkan pemerintah sebagai benda Cagar Budaya.

 

 

Bandung Selatan, memiliki banyak pesona alam, objek wisata paling terkenalnya adalah kawah Putih Ciwidey, yang disepanjang rute menuju kesini banyak ditemukan kebun-kebun stowbery. berkunjung kesini jangan lewatkan membeli oleh-oleh khas setempat, seperti khalua jeruk, yang sejenis manisan kulit jeruk Bali, selain dodol stoberi dan bandrek yang dikemas botolan. Paling nyaman menuju Ciwidey memang naik mobil pribadi dari Tol Cikampek, kemudian Tol Cipularang, dan keluar di Kapo untuk menuju arah Soreang dan kemudian ke arah Ciwidey.

 

 

Kawah Putih

Foto by : jam-buka.blogspot.co.id

Danau yang terbentuk dari kawah vulkanik ini menawarkan pemandangan unik, yaitu danau biru muda keputihan yang dibatasi tebing-tebing batu dan pasir putih. Meski aman untuk dikunjungi bersama keluarga, Kawah Putih Ciwidey yang terletak di Jalan Raya Soreang ini tidak bisa untuk berendam. Siapkan masker untuk menutup hidung karena bau belerang yang kuat.

 

 

Rance Upas

foto by : travelovely.blogspot.co.id

Berlokasi di Jalan Raya Cieidey Patenggang, tempat ini sebetulnya bernama kampung Cai Rance Upas dan terkenal sebagai lokasi perkemahan. Bila tak memiliki tenda sendiri, disini tersedia penyewaan tenda sehargga Rp 200.000. yang membuat Caming ground ini menarik adalah fasilitas yang di tawarkan, seperti kolam renang air panas lengkap dengan papan seluncuran, sepeda gunung, permainan Paint Ball, flying fox, bungee jumping, trampoli, ATV dan tempat penangkaran rusa. Dengan membeli wortel sehargga Rp 5000, pengunjung dapat memberi makn rusa.

 

 

Kebun Stoberi Desa Alam Endah

Foto by : selatan.blogspot.co.id

Cara terbaik untuk menikmati desa wisata ini adalah dengan berjalan-jalan di antara pot tanaman stoberi sambil memilih sendiri buah yang mateng untuk di petik dan disantap langsung. Pengunjung pun dapat belajar langsung menanam stoberi, selain tersedia juga olahan sotoberi seperti dodol, selai, kerupuk, permen, kerajinan tangan bahkan sambal stoberi yang dihasilkan oleh 50 industri rumahan Ciwidey.

 

 

Situ Patenggang

Sekitar 7 kilometer dari Kawah Putih, terdapat sebuah danau alam bahasa sunda disebut Situ yang bila di potert dari angle yang tepat, akan tampak seperti tipikal danau-danau di Eropa. Berada pada ketinggian 1.600 M di lereng gunung Patuha, di tengah danau ini terdapat sebuah pulau kecil dengan bongkahan batu yang disebut oleh masyarakat setempat sebagai batu cinta. Konon disini lah tempat bertemunya Dewi Renganis dan Ki Santang, sepasang kekasih yang tidak bisa ber satu. Mereka bertemu terakhir kalinya di tempat tersebut  untuk menangisi nasib hingga airmatanya membanjir dan membentuk sebuah danau. Danau ini dapat dikelilingi dengan menyewa perahu warna warni yang tersedia. Jika tidak ingin mengexplore terlalu jauh di tepi dananu pun dapat menyewa sepeda air.

 

 

Kebun Teh Walini

Foto by : http://tempatwisatapantai.com

Tak jauh dri Ciwidey tepatnya di Rancabali, terdapat salah satu perkebunan teh terbesar di Indonesia yang sebagian besar hasil panenya di expor ke Eropa, terutama Inggris yang memiliki tradisi minum teh.

Artikel Selanjutnya Banyuwangi Race Photo Compettition 2018
Artikel Sebelumnya Buah Tangan Khas Kota Semarang yang Bikin Nagih

LEAVE A REPLAY

Your email address will not be published. Required fields are marked *